Copyright © Storiette
Design by Dzignine
Thursday 15 October 2009

Kota Besar

Kuliah di Jatinangor bikin aku sadar sama kehidupan sebenernya. Ibaratnya sleeping beauty, aku bener2 bangun dari tidur panjangku. Tidur panjang di sini maksudnya selama di Bontang. Bontang adalah salah satu kota yang menerima tantangan presiden untuk bebas miskin. Aku ga perna liat orang yang duduk di pinggir jalan dan menadahkan tangannya ke atas. Aku ga perna liat orang jualan koran/pedagang asongan di lampu merah. Aku ga pernah ketemu pengamen setiap makan di luar. Kalo parkir pun aku jarang dimintain uang parkir. Mungkin cuma 2 sampe 4 tempat kali ya yang pake uang parkir. Serius, kayak dreamland deh.

Begitu kuliah di Jatinangor, aku bener-bener liat masalah social itu bener-bener nyata. Aku bisa ngeliat anak di bawah 5 taun uda di jalan buat ngamen. Aku bisa ketemu orang lagi tidur di trotoar pas aku jalan kaki enak-enaknya. Aku bisa didatengin 3 pengamen ato lebih tiap makan di luar kontrakan. Aku selalu ketemu sama orang yang menadahkan tangannya ke atas di spot-spot yang emang rame, kayak mall, gerbang kampus, dll. Dan yaa, yang terakhir, aku bisa ngeliat tindak kejahatan langsung, ato malah aku yang kena korban sendiri.

Waktu itu aku baru pulang dari warnet jam 9 malem. Belum terlalu malem kalo ukuran Jatinangor mah. Aku lewatin gang yang panjangnya ga ampe 20 meter. Gangnya sempit dan gelap sie. Aku nyadar pas aku baru masuk gang, ada cowok di belakang aku. Pas aku pikir dia mau nyalip aku, ga taunya dia langsung narik tas aku. Jambret! Dalam itungan detik aja aku langsung terjebak tarik menarik tas dan Alhamdulillah aku yang menang! Alhamdulillahnya lagi, pas tarik menarik itu isi tas aku kelempar ke pinggir-pinggir gang yang gelap. Jadi dia ga dapet apa2 dari aku selaen jatuh dua kali. Aku ga ngerti kenapa dia ampe jatuh gitu pas tarik-tarikan. Mabok kali ya? Sempet sie ngejar, Cuma pas aku liat dia ga bawa apa2, ya aku berenti aja. Orang2 dateng pas dia uda kabur. Makanya temen2, kalo dijahatin, teriak maling yaaa.. jangan anjing! Jadinya ga ada yang dateng kayak aku deh. Hehehe..

So, selalu waspada temen2. Jangan pake tas kain kalo mau aman mah. Terus jangan ke mana2 sendiri. Kalo bisa ama pacar ato temen deket deh.

Waspadalah, waspadalah!

2 comments:

Rabendra Aldi says:
at: 17 October 2009 at 07:35 said...

loh kamu br jd korban kriminal? ati2 atuh..

Fadilla says:
at: 17 October 2009 at 14:44 said...

Hehe, iya Mas.
Jeleknya kalo ke mana-mana sendiri ya gini Mas.
Sekarang jadi lebih waspada aja, Mas. Jadi agak penakut juga, apa-apa minta ditemenin kalo udah malem :p
Makasie, Mas :)