Copyright © Storiette
Design by Dzignine
Thursday 23 August 2012

Self Note for Me


Jenis Kertas untuk CETAK MENCETAK
Terdapat beberapa jenis kertas yang sering digunakan untuk keperluan Cetak Mencetak. Mulai dari kertas berbagai Merk berdasarkan Produsen (Pabrik Kertas) sampai berbagai jenis kertas yang ada dipasaran.


HVSAdalah singkatan dari houtvrij schrijfpapier yang berarti kertas bebas serat kayu. Kertas ini termasuk jenis uncoated yang permukaannya tidak dilapisi sehingga bersifat kasar dengan daya serap yang kuat. Permukaanya yang tidak rata menyebabkan hasil cetak yang tidak mengkilap.Sering digunakan untuk Mencetak Kop Surat, Amplop, Nota  dan kebutuhan kantor lainnya serta Buku, Majalah dan Buletin. Gramasi yang sering digunakan mulai dari 60, gram, 70 gram, 80 gram sampai pada 100 gram.


Art PaperLebih dikenal dengan kertas dengan permukaan licin dan mengkilap di kedua sisinya, atau sering disebut dengan Coated Paper. Kertas jenis ini tidak cocok digunakan untuk keperluan tulis menulis karena sifat permukaannya yang licin tadi yang dilapisi (coated) dengan daya serap yang lebih lambat sehingga tinta pulpen agak sulit mengering.Kertas jenis ini biasa digunakan untuk Cetak Brosur, Flyer, Leaflet, Annual Report, Cover Buku, Cover Majalah dan Kalender. Gramatur mulai dari 100 – 150 garam, lebih dari 150 gram disebut Art Carton (190 gram, 210 gram, 230 gram sampai 400 gram).


Matte PaperKertas jenis ini sama dengan Art Paper yaitu jenis kertas Coated, kertas berlapis tapi dengan lapis yang tidak mengkilap. Biasa digunakan sama seperti kertas Art Paper dengan berbagai gramatur.
Kertas Samson (Recycle)Merupakan kertas daur ulang, berwarna Coklat biasa disebut juga kertas kraft linear yang sering digunakan untuk kebutuhan Cetak Mencetak Shopping Bag (Paper Bag), Packaging/Pembungkus, Cover Buku, Cover Nota/Bon, dan lain-lain. Gramatur mulai 125 gram – 250 gram.


DuplexKertas Karton dengan ketebalan minimal gramatur 250 gram – 400 gram, bentuk permukaan atas coated mengkilap/licin berwarna putih sehingga bisa dilakukan pencetakan pada bagian ini dan bagian balikannya warna abu-abu atau kecoklat-coklatan dan tidak bisa dilakukan pencetakan pada bagian ini.Biasa digunakan untuk Kemasan Produk dan Kemasan Makanan (Box Nasi), Kemasan Souvenir dan Gift.


Kertas FancyJenis kertas merupakan bagian dari Jenis Kertas yang paling Mewah, Eksklusif dan Elegan. Dengan harga yang premium kertas fancy biasa digunakan untuk kebutuhan Cetak Mencetak berbagai Kartu, mulai dari Kartu Nama Eksklusif, Kartu Undangan Pernikahan dan Invitation Card formal untuk perusahaan-perusahaan, Kartu Ucapan Terima Kasih, Cover Buku dan Cover Majalah Eksklusif.Demikian beberapa jenis kertas yang sering digunakan untuk kebutuhan Cetak Mencetak di pasaran.


Sumber : http://percetakanjakarta.com/jenis-kertas-untuk-cetak-mencetak/

0 comments: