Copyright © Storiette
Design by Dzignine
Thursday 11 June 2009

Angkotku Sayang,,

Wew! Aku mulai tulisan ini dengan sensasi pegal di punggung dan pikiran presentasi untuk Business Plan besok. Ahh, baelaaah.. Berhubung uda bosen post “Heavy Weak” nya terpampang di muka Blog, aku mau iseng2 nulis tentang Angkot!

Ahay! Angkot. Transportasi umum yg menguasai hampir 70% *am I too lebay?* kota Bandung dan Jatinangor ini bener2 akrab dengan kegiatan aku sehari-hari. Parah boos. Curiganya, dibanding temen2 aku, mungkin aku yg paling heboh sama Angkot. Semua kegiatan aku bener2 took by angkot. Selaen Damri tentunya. Tapi pasti ujung2nya angkot deh. Ya, iyalaah. Damri Nangor-Bandung itu cuma ada ampe setengah 7 sore doang. Kalo punya kegiatan dan baru kelar di atas jam setengah 7 malem, mau ga mau mesti ambil angkot buat pulang ke Nangor.
Tadinya nie, sebelum aku kuliah di Jatinangor, aku bener2 ga akrab sama angkot. Sebelum keluarga aku punya mobil, emang sie mama selalu ngajak aku naek ‘Taksi’ buat ke mana2 *di Bontang nyebut angkot itu Taksi men, elit kan? :))* Tapi ga perna yg ampe rasanya kayak gini, kayak tua di angkot!

Arghh, bayangin aja. Aku pernah naek angkot dari Nangor ke Nangor lagi itu total di jalan 4 jam. Aku mesti nyambung seenggaknya 3 kali buat nyampe tujuan. And took 2 hours for reach my place. Di tempat tujuan aku habisin waktu cuma 40 menit! Imagine! Pas pulang, aku ngulang lagi di angkot2 jurusan yg sama, jalan yg sama, dan waktu tempuh yg sama. Dua jam lagi! It’s soooo boring! Four hours only for the road! PP. >,<

Mending kalo aku dalam seminggu ke Bandung itu cuma sekali. Lah ini, aku bisa ampe 3 kali dalam seminggu naek angkot. Bahkan perna juga yg 5 kali dalam seminggu mesti ke Bandung dan PP! Uhh,, Belum lagi kalo terpaksa di atas jam 9 pas ngambil angkotnya. Bukan aku takut teman, tapi kalo di atas jam 9 malem aku masi di jalan, itu uda nurunin mood aku begitu nyampe kost. Ngantuk parah di jalan. Ibarat batere, batereku uda tinggal 20%. Lengkap penderitaan kalo ga punya temen ngobrol di jalan. Ughh.. makanya emang kerasa banged sie, dibanding SMA, aku lebi sering cape luar dalem sekarang. Salah satunya mungkin dari jenuhnya di jalan itu.

Selama aku dua taun make angkot buat kendaraan umum, aku sering punya pengalaman2 berkesan di jalan. Yaaah, selaen jadi apal daerah dan dipercaya temen buat jadi guide, kadang2 aku bisa belajar banyak hal dari angkot.
Contohnya aja, aku perna ngobrol panjang lebar sama supir angkot yang ternyata sarjana. Dia narik karena emang lagi ga ada proyek di daerah aja. Kalo ada proyek, dia bisa ke Kalimantan lagi untuk 4 bulan. Dari topic Kalimantan itu jadi malah cerita2.

Mm, perna juga yg aku dianterin angkot buat nyambung angkot lainnya dan dia ga mau dibayar
Terus ada juga yg aku sakit dan terpaksa muntah di jalan *aku ga muntah di dalem angkot, melainkan langsung ngibrit ke parit begitu angkotnya menepi dan sukses muntah!*. Supir angkotnya dengan sabar nungguin aku selesai muntah. Ngasi air aqua buat cuci tangan. Terus ada ibu2 juga yang ngasi tissue. Huaa, mereka baik2 yaa.. :D

M, ada lagi yang paling seru pas naek angkot sama Kii dari pasar baru ke Cileunyi, bikin bokong kami hampir mati rasa saking jauhnya perjalanan. Begitu ampe Cileunyi, kami berdua uda ga pengen naek angkot lagi. Kami memilih jalan kaki pelan2 biar bokong kami ga pegel lagi. Huaa, begitu uda nyampe jatos, rasanya kaki pegel luar biasa. Huahahaha, pegelnya pindah bos! Mau naek angkot ya kok sayang. Dibilang deket lagi juga ga. Tapi ya kagok kalo naek angkot. Akhirnya memilih tetep nerusin jalan kaki ampe Hegarmanah. Huahahaha. Ampe Hegarmanah kami sukses tepar. Jiahaha. Hampir 1 Km lebi kami jalan kaki. Hihihi. Eh, tapi aku juga perna ngerasain tepar yang sama pas jalan kaki dari Cihampelas ampe Taman Sari dan dari EF Banda sampe Lab Pramitha Riau :))
Great!!

RUTE Kendaraan Umum yang aku tau :
Ke Cicaheum : Naek angkot Sumedang-Cileunyi arah Bandung, nyambung angkot Caheum-Cileunyi di Cileunyi.
Ke Gede Bage : Naek angkot Gede Bage-Majalaya-Sayang di daerah Sayang *dibawah tulisan BRIMOB* dan langsung ke Gede Bage
Ke RS Al Islam atau MTC : Naek Damri jurusan Tanjung Sari-Kalapa arah Kalapa dan langsung berenti di depannya.
Ke Bandung Super Mall : Naek Damri Dipatiukur-Jatinangor arah Dipatiukur, berenti di jalan Pelajar Pejuang perempatan Cipaganti dan Mega Centre, terus ambil angkot warna merah ke arah Kanan.
Ke BIP /BEC: Naek Damri Dipatiukur-Jatinangor arah Dipatiukur, berenti di bawah flyover *deket tulisan BDG gede2 itu looh di Dago* sebelum Damri puter balik, terus ambil angkot Kalapa-Dago arah Kalapa. Kalo mau ke BEC, berenti di depan Gramedia Merdeka, terus nyebrang aja ke Gramedia belakangnya, tadaaa langsung liat BEC deh.
Ke Ciwalk : Naek Damri Dipatiukur-Jatinangor arah Dipatiukur, berenti di Dipatiukur, nyambung angkot Cicaheum-Ciroyom arah Ciroyom.
Ke PVJ : Naek Damri Dipatiukur-Jatinangor arah Dipatiukur, berenti di bawah flyover *deket tulisan BDG gede2 itu looh di Dago* sebelum Damri puter balik, terus jalan dikit ke arah Dago bawah ampe perempatan deket Plaza Dago, ambil angkot Cicaheum-Ledeng ke arah Ledeng, berenti di Ayam Suharti Cipaganti, terus nyambung angkot lagi *tapi lupa meratiin jurusannya*
Ke Pasar Baru/Stasiun Kereta : Naek Damri Dipatiukur-Jatinangor arah Dipatiukur, berenti di bawah flyover *deket tulisan BDG gede2 itu looh di Dago* sebelum Damri puter balik, terus naek angkot Stasiun Hall-Dago arah Stasiun.
Ke Kings dari Pasar Baru : Ambil angkot Gede Bage-Stasiun *kalo ga salah inget jurusannya* ke arah Gede Bage
Ke Jonas/EF Banda/Riau : Naek Damri Dipatiukur-Jatinangor arah Dipatiukur, berenti di depan gedung sate, terus jalan kaki aja kaliii…. Nyampe deh Jonas :D
Ke Karangsetra : Naek Damri Dipatiukur-Jatinangor arah Dipatiukur, berenti di bawah flyover *deket tulisan BDG gede2 itu looh di Dago* sebelum Damri puter balik, terus jalan dikit ke arah Dago bawah ampe perempatan deket Plaza Dago, ambil angkot Cicaheum-Ledeng ke arah Ledeng, berenti di taman2 gitu deh, terus jalan kaki dikit.

TIPS :
1. Selalu ucapkan terimakasih untuk supir.
2. Ga ngerokok di angkot! Itu bikin aku pengen ngelempar kamu dari angkot, ato paling ga ngambil rokok kamu dan kumatiin langsung!
3. Enjoy your time tapi tetep waspada.
4. Jangan ngasi uang yg butuh kembalian karena sang supir suka nakal dengan ga jujur ngasi kembalian
5. Jangan show off, hanya antisipasi aja..
6. Kalo ga yakin sama arah jalan kamu/di mana harus berenti, Tanya sama supirnya. Ato gunakan taktik aku, begitu 15 menit di atas angkot, bilang aja supirnya “Pak, saya berenti di Karangsetra yaa..” Ucapkan dengan jelas, dan paling ga berkesan. Jadi supirnya juga ga kebablasan gitu.
7. Sabar, karena kegelisahan kamu bikin orang sekitar kamu terganggu. Kalo mau cepet mah naek taksi aja. *ya, ya, ini buat aku sendiri juga*
8. Buat Cewek sie, pake bajunya jangan pendek2. Kecuali mau ngasi sedekah pas kamu turun dari angkot dengan auratmu :))

8 comments:

Rabendra Aldi says:
at: 12 June 2009 at 02:21 said...

beuhhhh.. hafal angkot..mantaff lah... bisa jadi peta berjalan.. tak perlu lah itu GPS...
in dilla we trust... hehehe

Fadilla says:
at: 14 June 2009 at 07:43 said...

Hihihi, iya mas :D Sapa tau kalo ga tau rute angkot bisa tanya aku. Hahahaha...

Dina Berina says:
at: 14 June 2009 at 22:10 said...

ngomongin angkot..
harus coba ke bogor kota 1000angkot..
bisa stereeeees liatnya..
kalo ngomongin orang ngerokok d angkot..
gw pernah ngamuk d angkot Bogor-Parung gara2 ada cowo ngerokok didpn gw n baranya ampe terbang ketiup angin..
reflek dong "HEH!!!BEGO!!! MATIIN TUH ROKOK!!GUE BAYAR TAU!!! MASIH BOCAH BELAGU!!!"
serentak seangkot kompakan liatin gw ngamuk!!!!!
hahahahaha...

Fadilla says:
at: 16 June 2009 at 10:37 said...

Huahahaha, serius Na?
HAHAHAHAHA, aku ngebayanginnya jadi geli sendiri..
Pasti muka dia langsung pucat gitu ya? Dia langsung matiin ga?

Nova says:
at: 21 September 2010 at 07:27 said...

kak, kalo dago ke jalan banda bolak-balik pake angkot yg mana yah??
haturnuhun...^^

Fadilla says:
at: 23 September 2010 at 16:02 said...

Banda itu yang Jonas kan?
Kalo aku biasanya ambil Dipatiukur-P.Hegar arah P.Hegar. Berenti di gedung STAMP/Grapari T'sel di Riau (perempatan jalan). Terus ambil jalan di kiri kamu. Nyampe deh Banda.

Unknown says:
at: 30 April 2013 at 18:09 said...

Mau nanya nih kalau dari cicaheum ke jonas naik angkot apa?trim :)

Prince says:
at: 28 December 2016 at 12:48 said...

Nice inpoh kak. Udh lulus kuliah kayaknya nih si kakak...