Copyright © Storiette
Design by Dzignine
Friday 18 September 2009

Mule agak serius, mikirin Malaysia dan Indonesia

Indonesia dan Malaysia. Bukan cuma satu hal aja yang bikin hubungannya ga ens gini. Dari masalah teritori negara, budaya, ampe Noordin M. Top bikin banyak orang Indonesia agak2 sentimen sama negara tetangga itu.

Kalo buat aku sendiri, aku ngerasa ga perna sesentimen ini sebelum Malaysia maen klaim seenaknya aja budaya Indonesia. Pemerintah mereka percaya bahwa kebudayaan Indonesia itu milik mereka juga karena masi satunya nenek moyang kita. Alias dari Malaysia juga.Yaaah, denger itu sie aku kesel banged. Okelah kalo satu nenek moyang. Kalo ga salah aku pernah baca itu bener. Tapi kalo ampe bilang kebudayaan itu milik mereka juga, aku jelas ga setuju.

Menurut aku, kebudayaan itu boleh dipelajari siapapun. Siapapun boleh belajar bikin spaghetti enak khas Italia ato belajar nari Hawai. Tapi kan tetep, yang namanya asal sumber budaya tetep harus dikemukakan dooong. Biar spaghetti uda keliling dunia, tetep aja orang bilang Italia asal pizza dan spaghetti. Ga langsung bilang, "kita kan sodara, jadi kebudayaan kamu dari tempat aku juga doong.." DUH!

Pandangan aku ini ternyata berbuntut debat panjang pas chatting sama ngakunya-temennya-temenku, Nuki, yang katanya juga dari Pekalongan, Kota Batik.

Awalnya sie, biasa aja. Nanya mudik di mana. Pas aku tau dia dari Kota Batik, aku ngungkapin senengnya aku kalo ntar lagi Batik diakui Unesco dari Indonesia. Atoo legalisasi ya? Aku bilang, pengusaha batik di kotanya pasti lebih tenang dengan pengakuan secara hukum ini.

Kagetnya, ternyata dia yang berasal dari kota Batik ini mengemukakan kalo sebenernya pengakuan secara hukum itu ga perlu. Karena toh banyak turis asing yang dateng ke Pekalongan. Dan dia percaya, mereka menjadi agen promosi Kota Pekalongan terhadap batik mereka. Jadi kalopun ada klaim, semua orang juga tau kalo Batik dari Indonesia. Turis asing itu yang bakal nyari sendiri asal batik. Dia bilang juga, Malaysia itu sodara kita. Sentimen kedua negara itu menurut dia hanya dibesar2in saja.. 

Waaah, pendapat ini ga bisa aku terima. Pertama, menurutku masalah Indonesia-Malaysia ga dibesar2in, tapi masalah nya emang besar. Wajar menurutku orang Indonesia semarah itu begitu budaya mereka maen diklaim negara laen sebagai hak milik. Karena Budaya yang bikin Indonesia itu spesial, Bos. Lah, kalo budaya pada diklaim milik Malaysia, masa kita yang 'trendsetter' tau2 berubah jadi 'follower'? 

Terus soal legalisasi. Menurut aku itu hal pokok buat langkah2 pemerintah sekarang. Karena kalo kita ngarepin sikap "saling menghormati" ini, ya kayanya uda ga bisa lagi. Kalo mau nyebut mereka sodara, pasti kesel juga kan baju paling keren kita diakuin sama sodara kita kalo itu punya dia. Ato, kalo itu buatan dia ato hasil kreasi dia. Duuh. Berhubung ini bukan masalah kaos doang, legalisasi itu perlu. Kita harus punya kekuatan hukum sama kebudayaan kita. Mereka uda ga ngehormatin Indonesia sebagai sumber keindahan budaya. Mau berharap apa sama agen2 yang nyebarin kalo itu milik budaya Indonesia?

Oke, its work. Tapi mau harepin seberapa efektifnya sie kalo tayangan media seperti Discovery Channel ngasi tau ke seluruh dunia kalo "ayo dong ke Malaysia. Ada tari pendet di sana"? Media itu powerful. Media bisa menjangkau tempat pelosok manapun. Media bisa menjangkau tempat2 yang ga dijangkau agen2 itu. Iklan juga bersifat repetisi atau pengulangan. Dan pengulangan, sadar ga sadar, itu memperlancar persuasi. Kalo kita cuma dieeem aja, pasif terus2an, berusaha mengerti dan memaafkan, hadoeeeh... yang ada tambah diinjak2 menurutku. Apalagi cuma ngarepin agen2 itu dateng bawa temen2nya. Inovasi juga harus terus jalan dooong.. Dan semua inovasi itu diperkuat dengan legalisasi. Jadi mau berjalan sejauh apapun, kita punya kekuatan. 

Berita dari mulut ke mulut emang gampang nyebar, Men. Aku akuin itu. Tapi begitu muncul berita di tivi misalnya yang berseberangan sama berita mulut ke mulut, menurut mu aja nie, seberapa banyak sie yang bakal tetep percaya berita mulut ke mulut daripada media?

Yaaa, intinya dari argumentasi ini adalaah... aku percaya kalo apa yang pemerintah lakuin uda bener dan ga berlebihan. Tapi ya mo gimanaaa, jobdesknya masi numpuuuuuk... :(


0 comments: